Dari 127 peserta,  8 % Lulus Uji Kompetensi

BiaK-Pelatihan kejuruan yang digelar oleh UPT Loka Latihan Kerja (LLK) Usaha Kecil Menengah (UKM) Biak Numfor cukup diminati. Ya, setidaknya ada 127 orang yang ikut dalam delapan sub kejuruan itu.

Mereka rata-rata lulusan dari berbagai SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Dari jumlah sebanyak itu, hanya 8 % yang dinyatakan lulus uji kompetensi.
Antusias warga mengikuti setiap pelatihan kejuruan yang kami gelar sangat tinggi, ini tidak terlepas dari bagaimana tuntutan daya saing tenaga kerja. Era sekarang ini tenaga kerja harus memiliki keterampilan dan keahlian,ujar Plt. Kepala LLK-UKM Biak Esty Kbarek, S.Sos, MM.
Dikatakan, para pencari kerja harus memiliki keterampilan dan keahlian untuk dapat bersaing di era globalisasi. Saat ini sangat dibutuhkan tenaga terampil untuk mengisi lowongan kerja, tanpa itu, kecil kemungkinan mampu bersaing meraih pekerjaan.
Untuk itu, maka pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda harus menjadi perhatian serius untuk dilakukan. Pendidikan dan pelatihan keterampilan ini penting sebagai salah satu cara menyiapkan SDM, khususnya tenaga kerja yang siap pakai, tandas Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor Ferry Betay, SH,MM saat menutup kegiatan pelatihan kejuruan tersebut.
Dikatakan, ke depan kerja sama dengan instansi dan perusahaan yang mencari tenaga kerja serta berupaya membuat program pelatihan keterampilan agar jumlah Pencaker di Kabupaten Biak Numfor dapat berkurang.
Sekadar diketahui pelatihan delapan sub kejuruan yang digelar selama 30 hari itu masing-masing, pelatihan cara membuat audio video, teknik sepeda motor, alat kantor, tehnisi komputer, menjahit, las, meubuler, instalasi penerangan dan mobil bensin.
Selain itu juga ada pelatihan khusus paket motor tempel yang pelatihannya dipusatkan di di Kampung Aryom, Distrik Biak Timur.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan