Disrik Waris Rawan Berbagai Penyakit

Noel/Cepos
Aron Rumainum

JAYAPURA-Dinas Kesehatan Provinsi Papua menemukan berbagai penyakit di Kabupaten Keerom, khususnya di Distrik Waris.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aron Rumainum mengungkapkan, pihaknya menemukan berbagai macam penyakit di Kabupaten Keerom. “Distrik Waris ini sangat rawan dengan berbagai penyakit,”kata Aron kepada Cenderwasih Pos, Rabu, (11/7).

Dikatakan, di Distrik Waris terdapat bermacam-macam penyakit yang diderita oleh masyarakat dan hampir semua penyakit ada di daerah tersebut.”Selain TBC, ada Malaria, Frambusia,  kaki gaja/vilariasis, kusta, HIV-AIDS dan lainnya,”katanya.

Terkait hal ini, ia mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Keerom agar segera mengambil langkah cepat.”Nanti kita koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Keerom untuk lakukan pengobatan,”tandasnya.

Aron juga dalam kesempatan itu langsung meminta Sekretaris Dinas untuk langsung memberikan perhatian, bagi masyarakat di wilayah itu.”Tolong diperhatikan di sana, kalau butuh bantuan provinsi, kita akan bantu dan ada dana kementerian masuk ke Keerom, kita akan utamakan di Waris dulu,”ujarnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Keerom, Frangklin Uriager SKM, M.Kes mengatakan, dengan dibangunnya Pusekesmas di Waris beberapa waktu lalu, maka pihaknya akan perkuat pelayanan kesehatan di wilayah itu.”Mungkin kita akan perkuat pelayanan dengan menyiapkan  Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga dokter lainnya, karena Puskesmas di sana terbesar di Keerom,”pungkasnya.(oel/tho)

Tinggalkan Balasan