Koperasi Tidak Berkembang Akan Ditutup

Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni.

SAPA (TIMIKA) -  Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop, UKM) akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk mengetahui kemajuan atau perkembangan semua koperasi binaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Meski waktu pelaksanaan sidak belum dipastikan kapan, Plt Kepala Diskop, UKM Kabupaten Mimika, Ida Wahyuni memastikan hal tersebut tetap akan dilaksanakan dalam waktu berjalan, dengan konsekuensi akan memberikan sanksi pada penutupan sementara setiap koperasi yang tidak berkembang.

“Memang sidak ini baru direncanakan, tapi tetap kami lakukan. Kalau dalam sidak ditemukan adanya koperasi yang tidak berkembang maka akan langsung ditutup sementara. Istilahnya, sampai koperasi itu sehat kembali baru kita izinkan untuk buka kembali,” kata Ida saat ditemui di Kantor Diskop, UKM, Jalan Mambruk (Jalan Restu), Rabu (11/7).

Berdasarkan data jumlah koperasi di Mimika sudah mencapai 500an, tetapi hanya ada 120 koperasi yang dianggap aktif, 67 koperasi telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), 17 sedang dalam persiapan RAT dan 36 lainnya sedang di follow up oleh tim Diskop, UKM.

Dijelaskan Ida, kategori koperasi yang memiliki keabsahan dan dianggap berkembang adalah koperasi yang memiliki izin pendirian atau berbadan hukum, memiliki RAT, memiliki anggota dan kabsahan lainnya. Namun berdasarkan pantauan Diskop, UKM masih banyak koperasi yang belum terdaftar di Diskop, UKM, tidak memiliki anggota bahkan ada anggota yang menabung tetapi tidak aktif.

“Karena itu dalam sidak nanti bukan lagi sebagai evaluasi, tapi langsung ditutup sementara. Banyak koperasi yang didalam wilayah kota ini tidak ada keabsahanya. Banyak juga yang di undang untuk pertemuan atau sosialisasi tapi tidak mau datang,” tuturnya. (Acik)

Tinggalkan Balasan