Satreskoba Polres Mimika Tangkap Residivis Narkoba

Para pelaku dinaikkan ke mobil patroli polisi.

SAPA (TIMIKA) – Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Mimika berhasil menangkap seorang pelaku yang merupakan residivis narkoba di Kota Timika, Rabu (11/7). Pelaku di tangkap setelah petugas menggeledah salah satu rumah di belakang Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang diduga dijadikan sebagai tempat tinggal pelaku dan para pengguna untuk menikmati narkoba.

Kepala Satreskoba Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali mengatakan, penangkapan terhadap residivis narkoba berinisial B sekaligus pemilik barang bukti narkotika jenis ganja ini, berawal adanya informasi dari Jayapura. Informasi itu menyebutkan ada seorang perempuan yang diketahui berinisial P dan merupakan pacar pelaku B, berangkat menuju Timika menggunakan pesawat komersial membawa paket berisi ganja.

"Kita mendapat informasi dari Jayapura kalau ada seseorang yang bawa paket ganja ke Timika," kata Kordiali saat diwawancara awak media disela-sela proses pengeledahan rumah pelaku.

Sejak dari Bandara Mozes Kilangin petugas telah mengikuti pacar pelaku hingga ke rumah pelaku. Saat tiba, pelaku sudah menunggu untuk mengambil paketan yang berisi ganja tersebut. Petugas yang sudah mengintai rumah pelaku langsung melakukan penyergapan lalu masuk ke dalam rumah. Di dalam rumah petugas menemukan rekan-rekan pelaku sedang berpesta ganja.

"Saat kita ingin melakukan penggeledahan, ternyata teman-teman pemilik ganja sudah ada di dalam sedang pesta ganja," ujarnya.

Dari kegiatan ini, petugas menemukan barang bukti berupa ganja kering siap pakai terbungkus dalam paket plastik. Tidak hanya itu, pengeledahan yang dilakukan hingga ke dalam kamar juga menemukan sejumlah biji ganja yang disimpan di dalam kaleng serta menemukan alat hisap sabu atau bong.

"Kita menemukan biji ganja dan bong alat hisap sabu bersama dengan kristalnya. Jadi alat hisap ini sudah lengkap," katanya.

Akhirnya, pelaku bersama rekan-rekannya yang berjumlah enam orang langsung di giring ke ruang penyidik Satreskoba kompleks Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih.

Pelaku B, kata Kordiali, merupakan residivis dalam kasus yang sama, dimana yang bersangkutan baru saja keluar dari Lapas Klas IIB Timika.

"Pemilik ganja merupakan residivis dalam kasus yang sama. Pemilik mengaku ganja di dapat dari seseorang di Jayapura dan di jual di Timika. Selain penjual, beliau juga merupakan pemakai," ungkapnya. (Tomy)

Tinggalkan Balasan