Berbagai Cara Dilakukan Polisi untuk Menekan Peredaran Narkotika

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto.

SAPA (TIMIKA) - Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengatakan, kepolisian akan terus menempuh berbagai macam cara agar dapat menekan peredaran narkotika di Kabupaten Mimika. Hal ini menyusul adanya penangkapan terhadap residivis kasus narkoba, yang dari tangannya ditemukan narkotika golongan I dengan jenis ganja.

Meski tidak melaksanakan operasi yustisi baik di bandara maupun pelabuhan, kepolisian terus berupaya melakukan penyuluhan yang bersifat preemtif dan preventif. Di mana, upaya preemtif dan preventif ini akan masuk ke semua lini dan sektor, baik palajar, perguruan tinggi, perkantoran, termasuk penerbangan dan pelabuhan. Di bagian penerbangan dan pelabuhan, selain penyuluhan juga akan ada pemasangan himbauan untuk tidak membawa narkoba.

“Kalau hal tersebut di atas telah selesai dilakukan, maka tidak perlu dilakukan upaya represif atau upaya penangkapan. Akan tetapi, jika upaya preemtif dan preventif tidak dilaksanakan dengan baik, maka kepolisian akan melakukan berbagai cara, baik under cover, under cover by serta surveilans. Selain itu, akan melakukan delivery control secara intens,”  kata Kapolres saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Kamis (12/7).

Upaya  delivery control  yang dilakukan kepolisian, menurut AKBP Agung Marlianto, dilindungi oleh Undang-undang. Sehingga, privasi paket kiriman pada jasa pengiriman akan di antar langsung ke alamat yang tertera hingga akhirnya menemukan identitas si pemesan barang haram tersebut.

“Alhamdulillah dua hari lalu anggota kami melakukan penangkapan dan mencegah pelaku pengedaran ganja sebelum di distribusikan ke masyarakat. Kemudian minggu lalu kami juga menangkap pengedar jenis amfetamin dan metamfetamin jenis sabu,” tuturnya.

Persoalan pencegahan peredaran narkotika atau jenis terlarang lainnya, kepolisian terus menjalin kerjasama dengan pihak bandara, pelabuhan juga Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK). (Acik)

Tinggalkan Balasan