H-1 Penutupan Pendaftaran Bacaleg, Baru Dua Parpol Daftar di KPU Papua

Melkianus Kambu, salah satu Komisioner KPU Papua. (Foto : Titie/ Lingkar Papua)

LINGKARPAPUA.COM, JAYAPURA– Hari ke 13 pembukaan pendaftaran bakal calon legislative (Bacaleg), KPU Papua baru menerima dua berkas pendaftaran partai politik (Parpol) bakal calon legislatif tahun 2018. Kedua parpol itu, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrasi (Nasdem)

“Hingga tadi pukul 18.00 WIT, yang masuk baru dua parpol”, kata anggota KPU Papua, Melkianus Kambu, S.IP, MM kepada Lingkar Papua, di ruang kerjanya, Senin (16/7/2018) sore.

Pendaftaran sendiri kata Melkianus, dibuka sejak 4 Juli dan akan berakhir pada 17 Juli nanti pukul 23.59 WIT.

“Sabtu kemarin mendaftar itu PAN, dan tadi siang Nasdem,”kata Melkianus mengaku sisa 14 Parpol lagi yang belum mendaftar, namun informasi yang diterimanya besok parpol-parpol tersebut akan melakukan pendaftaran di kantor KPU, sebab, jika lewat batas waktu pendaftaran, maka sudah barang tentu tidak akan di akomodir oleh KPU.

Lebih lanjut dikatakan, untuk dua parpol yang telah mendaftar, masing-masing membawa 55 nama anggota bakal calon legislatif yang akan bertarung menjadi calon anggota DPR Papua, 55 nama berkas bacaleg ini, KPU Papua sudah melakukan pemeriksaan terhadap syarat calon, dengan ketentuan harus melampirkan form B terkait surat pencalonan yang memuat jumlah kurai per Dapil serta persentase perempuannya.

Selanjutnya kewajiban dalam Form B1 terkait daftar calon di 7 Dapil yang ada di Papua dan Form B2 berisi surat pernyataan bahwa sudah melakukan seleksi terhadap calon sesuai ketentuan AD/ART Partai dan Form B3 tentang Pakta Integritas

“Jadi itu, syarat utama pencalonan, wajib dibawa saat pendaftaran, jika tidak lengkap maka dikembalikan untuk diperbaiki sebelum tanggal pendaftaran ditutup”, katanya lagi.

Sementara untuk syarat calon sendiri, kata Melkianus, jika syarat pencalonannya lengkap, maka KPU akan melakukan verifikasi berkas calon hingga 20 Juli mendatang.

“itupun tetap diberikan kesempatan sebelum tanggal penutupan proses verifikasi”, kata Melkianus berharap Parpol yang belum mendaftar, untuk segera mendaftar sebelum masa pendaftaran berakhir.

Sekretaris DPD Golkar Papua, Yacob Ingratubun dikonfirmasi Lingkar Papua mengatakan akan mendaftar pada Selasa (17/7/2018) pukul 19.00 WIT.

“Golkar besok mendaftar jam 7 malam (hari ini-Red),” kata Yoppi via pesan WhatsApp, Senin (16/7/2018).

Demikian juga DPD Demokrat Papua akan mendaftar di hari terakhir pendaftaran.

“Besok siang,” kata Jefri Kaunang, Ketua Panita Pendaftaran Bacaleg DPD Demokrat Papua, via pesan singkat kepada Lingkar Papua. (tie/r2)

The post H-1 Penutupan Pendaftaran Bacaleg, Baru Dua Parpol Daftar di KPU Papua appeared first on .

Tinggalkan Balasan