Dana Kampung Akan Ditertibkan

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si. (FOTO : Roberth Yewen/Cenderawasih Pos)

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menegaskan bahwa pihaknya akan menertibkan semua anggaran atau dana yang dicairkan ke kampung, sehingga diperuntukkan untuk usaha-usaha yang produktif dalam rangka pengembangan masyarakat yang ada di kampung-kampung tersebut.

Menurut Mathius, selama ini penggunaan dana kampung belum tepat sasaran dan banyak di gunakan untuk kegiatan-kegiatan atau program-program yang tidak produktif di kampung-kampung.

“Pemda sudah mengambil keputusan tahun ini atau periode lima tahun kedepan dana kampung ini kita akan tertibkan, sehingga dananya digunakan untuk usaha-usaha yang produktif dan kreatif,” tegasnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (15/8).

Menurut Mathius, dana kampung kedepan harus digunakan dan diperuntukkan untuk usaha-usaha yang produktif dan kreatif. Di mana setiap kampung atau distrik harus sepakati, terkait dengan komoditas apa yang unggulan dan bisa di kembangkan oleh masyarakat serta memiliki nilai jual yang cukup.

“Ini yang harus terus menerus di kembangkan. Minimal satu atau dua program, sehingga kita tidak arahkan dana kampung untuk segala macam, tetapi fokus ke komoditas yang akan dikembangkan di kampung tersebut,” ucapnya.

Mathius mengajak seluruh pemuda dan masyarakat untuk kembali ke kampung, guna membantu pembangunan yang ada di kampung. Apalagi saat ini perhatian pemerintah semua ke kampung, baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan