Bupati: Kami Rencanakan Dana Otsus Dikelola Distrik

Yewen/Cepos
Mathius Awoitauw, SE., M.Si

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengungkapkan bahwa untuk pengelolaan dana otonomi khusus (Otsus) yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Papua kepada kabupaten/kota di Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura akan dialihkan untuk dikelola langsung oleh setiap distrik.

Dikatakan, untuk Kabupaten Jayapura pihaknya melihat sudah cukup maju dalam memberikan dukungan penuh terhadap masyarakat di kampung, dimana hal ini sudah lama dilakukan penyiapan sosial berupa pemberdayaan masyarakat.

“Nah sekarang justru kami merencanakan agar 80 persen dana Otsus ini langsung di distrik dan ini sudah dibicarakan dalam RPJMD Kabupaten Jayapura. Kami sudah rencanakan bagaimana pusat pelayanan ini ada di distrik dan 6 distrik sudah kita tetapkan menjadi pilot project,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Jumat (5/10) lalu.

Mathius berharap dana Otsus yang dikelola Kabupaten Jayapura bisa langsung diturunkan ke distrik untuk mengelolanya. Oleh karena itu, komunikasi-komunikasi seperti ini perlu dibangun Pemerintah Provinsi Papua.

“Jadi kalau provinsi hanya mengambil keputusan sepihak, ini akan mengganggu apa yang sudah kita bangun selama ini. Oleh karena itu, perlu ada kearifan-kearifan dan bila perlu tidak diseragamkan di berbagai tempat dengan pendekatan yang sangat cocok dan kalau bisa ini harus jalan,” tegasnya.

Selain itu, Mathius melihat alokasi dana dari Prospek juga lama turun ke kampung-kampung, sehingga hal ini mengganggu perencanaan masyarakat di kampung-kampung selama ini, khususnya yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Saya lihat memang perlu komunikasi dua arah untuk mengambil kebijakan ini. Karena memang Otsus ada di provinsi, tetapi penerimaan Otsus yang disebut masyarakat ini ada di kabupaten/kota, khususnya yang ada di Kabupaten Jayapura,” pungkasnya. (bet/nat)

Tinggalkan Balasan