PT. Berkat Cipta Abadi Berikan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat

Yohanes For Radar Merauke

Pengobatan gratis yang dilakukan PT. Berkat Cipta Jaya bersama Klinik Asiki kepada masyarakat Kampung Subur, Minggu (23/9) lalu

MERAUKE- Tim CSR PT. Berkat Cipta Abadi bersama Klinik Asiki melakukan pengobatan gratis secara massal bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat di kampung Subur, Distrik Subur Kabupaten Boven Digoel Papua, Minggu (23/09) pukul 10.00 WIT.

Tujuan dilakukan pengobatan gratis adalah untuk mensejahterakan masyarakat asli Papua dari segi kesehatan.

Perusahaan mendatangi masyarakat untuk mengobati masyarakat secara langsung, mengingat kampung tersebut jauh dari pusat kota dan akses ke tempat tersebut terbilang sulit. Meskipun distrik Subur memiliki Puskesmas tetapi perusahaan tetap berkomitmen untuk melakukan pengobatan kepada masyarakat.

Hadir dalam kegiatan pengobatan tersebut Manager Klinik Asiki dr. Firman Jayawijaya, dokter Klinik PT. Berkat Cipta Abadi (BCA) dr. Wawan Yudi Hartono, perawat dan apoteker klinik Asiki dan PT. BCA, ketua Sub Marga Tomba, Hendrikus Tomba dan ikut serta pihak Puskesmas Distrik Subur.

Sebelum melakukan pengobatan gratis dr. Wawan memberikan penyuluhan kepada anak-anak cara menyikat gigi yang baik dan benar, serta membagikan sikat gigi secara gratis kepada anak-anak. Selanjutnya warga dengan antusias mengikuti prosedur untuk melakukan pemeriksaan. Dimulai dar pendaftaran kemudian pemeriksaan oleh dokter, selanjutnya pengambilan obat dan pembagian makanan untuk makan siang yang datang berobat. Jumlah masyarakat yang ikut berobat adalah 158 orang termasuk anak-anak.


“Penyakit-penyakit yang sering dialami disini adalah sering mengalami badan sakit serta Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) karena dipengaruhi faktor lingkungan dan pekerjaan,”Ungkap dr. Wawan Yudi Hartono.
Ia pun berharapa agar masyarakat sadar diri untuk kebersihan, serta perawatan lingkungan supaya tetap bersih agar tidak terjadi lagi penyakit-penyakit seperti yang dialami sekarang.
Bukan hanya masyarakat kampung Subur yang datang berobat tetapi ada beberapa warga dari kampung Kaisa yang terbilang sangat jauh dan memiliki akses yang sangat sulit menuju kampung Subur. Tetapi dengan antusias datang untuk berobat.

Sementara itu Elisabeth Kanbango salah satu warga Kampung Kaisa mengfatakan untul pertama kalinya pihkanya mengikuti pengobatan gratis mengaku sangat. Dimana dirinya datang memeriksakan penyakit yang dialaminya sekaligus meminta obat.

“Saya berterima kasih kepada perusahaan PT. Berkat Cipta Abadi (BCA) sudah melakukan pemeriksaan dan juga memberikan obat gratis”bebernya.

Hendrikus Tomba selaku sub Marga Tomba mengucapkan terima kasih kepada perusahaan PT. Berkat Cipta Abadi karena terus berkomitmen untuk membantu masyarakat dari segi kesehatan, ia mengatakan bahwa Kegiatan pelayanan kesehatan massal ini sudah berjalan mulai dari tahun 2010 sampai dengan saat ini berjalan baik dan dilakukan bekerja sama dengan pemerintah.

“Kegiatan pelayanan massal ini bagus, termasuk penyakit-penyakit bisa ditemukan dan bisa disembuhkan dan semoga ini dapat terus kita lanjutkan agar masyarakat jauh lebih sehat lagi,”pungkasnya.

PT. Berkat Cipta Abadi bekerjasama dengan pemerintah dalam hal ini Puskesmas Subur yaitu Adrian Urop hadir dalam kegiatan tersebut untu melakukan pemeriksaan kepada anak-anak sesuai program pemerintah yaitu pendeteksian penyakit frambusia melalui pengambilan sample darah anak balita yang berumur 1-5 tahun.(gin)

Tinggalkan Balasan