Sambut HKN ke-58, Dinkes Gelar Lomba Pidato

Juri terlihat serius memberikan penilaian kepada para peserta lomba pidato “ayo hidup sehat” yang digelar oleh Dinkes Mamberamo Raya, kemarin.

 BIAK-Berbagai kegiatan digelar oleh sejumlah instansi kesehatan menyambut Hari Kesehatan Nasioal (HKN) ke-54 tahun 2018. Di  Dinas Kesehatan Kabupaten Mambramo Raya misalnya. Kali ini giliran lomba pidato tingkat anak sekolah, khususnya di siswa/i tingkat SMP dan SMA yang digelar kemarin. Puncak HKN ke-54 sendiri jatuh pada tanggal 12 Desember 2018.

Lomba pidato dengan tema “ayo hidup sehat” mendapat antusias dari sekolah-sekolah dengan mengikutkan para anak didiknya ikut mengambil bagian. Ya, setidaknya ada 17 peserta dari pewakilan SMP dan SMA ikut dalam pidato yang diprakaisai langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya Levina Krey, S.Sit, MPH mengatakan, lomba yang digelar itu tentunya merupakan bagian dari upaya memperkenalkan sejak dini kepada setiap anak tentang pentingnya hidup sehat. Hidup sehat itu perlu dilakukan  mulai dari rumah tangga, sekolah dan dilingkungan dimanapun berada, tentu saja dengan memperhatikan  tetap mempehatikan tentang pola hidup bersih dan sehat.

 “Hidup sehat harus dimulai  dari diri kita sendiri dulu, baru kita melihat kepada orang lain. Jangan kita sendiri tidak sehat, lalu melayani orang lain,” tandasnya.

 Diharapkan dengan lomba pidato “ayo hidup sehat” itu dapat memberikan motivasi bagi setiap anak tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya lagi anak-anak yang ikut mengambil bagian. Disisi lain, bahwa sekolah juga diharapkan ikut mengkampanyekan tentang pola hidup sehat di masing-masing sekolahnya.

” Pendidikan dan kesehatan adalah mata rantai yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat, sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Harapan saya kelak siswa-siswi yang tampil dalam pidato menyambut HKN ini bisa bekerja di Dinas Kesehatan dan melayani masyrakat,” ujar Levina Key
Lomba pidato “ayo hidup sehat” ini mendapat apresasi dari pihak sekolah.  Salah satu peserta misalnya dari SMA Negri 1 Kasonaweja Mansur Sembay. Dia mengaku sangat bangga ikut mengambil bagian dalam lomba ini  dan berharap kegiatan serupa tidak saja dilakukan Dinas kesehatan, tetapi juga dilaksanakan oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya.

Sekedar diketahui bahwa lomba pidato “ayo hidup sehat” merupakan salah satu dari sekian banyak lomba yang digelar oleh Dinas Kesehatan terkait menyemarakan HKN ke-54 di tahun 2018.(itb)

Tinggalkan Balasan