Perampingan OPD di Pemprov Sementara Dalam Tahap Seleksi

Gubernur Papua Lukas Enembe.(Foto-Humas Pemprov Papua)

SAPA (JAYAPURA) - Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari 53 menjadi 35 instansi di lingkungan pemerintah daerah setempat, sementara ini masih dalam tahap seleksi.

"Di mana proses seleksinya kini dalam tahapan oroses pada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat)," kata Lukas di Jayapura, Rabu (20/2).

Menurut Lukas, pihaknya mengharapkan 35 OPD hasil seleksi tersebut ke depannya sesuai dengan mekanisme Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlaku.

"Perampingan OPD di lingkungan Pemerintan Provinsi (Pemprov) Papua untuk mengefektifkan kinerja OPD menjadi lebih baik," ujarnya.

Dia menjelaskan sedangkan untuk jadwal seleksi pimpinan atau kepala 35 OPD hasil perampingan tersebut akan dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua.

"Perampingan OPD karena selama ini ada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sama tapi beda OPD maka itu akan digabungkan menjadi satu saja agar lebih efektif dalam bekerja," katanya lagi.

Dia menambahkan banyak OPD akan digabungkan karena selama ini tupoksi sama, bahkan ada OPD yang ditiadakan atau dihapus.

"Jumlah OPD yang akan dirampingkan banyak, seperti dinas koperasi digabungkan, ada juga yang dileburkan, hanya dinas dengan urusan wajib dan umum saja dipertahankan," ujarnya. (Antara)

Tinggalkan Balasan