Ratusan Siswa 7 SMA dan 2 Sekolah Swasta di Yahukimo Ikut UN

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Sedikitnya 7 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 2 Sekolah Swasta di Kabupaten Yahukimo menggelar Ujian Nasional (UN), mulai Senin (1/4/2019).

Ketua panitia UN kabupaten Yahukimo, Leander Hery Pekey mengatakan, kegiatan ujian dibagi tiga sub rayon dengan sistem lembar jawaban kertas dan pensil.

“Jumlah sub rayon yang ada, ada tiga sub rayon yang terdiri dari SMA Negeri 1 Dekai, SMA Ninia, SMA Anggruk, SMA Anugrah dan dua sekolah swasta yaitu SMTK Philipus Suru-Suru dan SMTK Orind Kids. Sebelum kami melaksanakan ujian di tingkat SMA, kami sudah laksanakan di SMK duluan satu minggu yang lalu dengan satu sub rayon,” jelasnya.

Pekey menambahkan, jumlah siswa yang mengikuti UN tingkat SMA dan swasta tahun 2019 di kabupaten Yahukimo sebanyak 358 siswa.

Terkait kelengkapan peserta ujian, kata Pekey, sejauh ini pihaknya belum belum memantau ke sekolah dan masing-masing sub rayon akan melaporkan ke panitia.

“Untuk soal-soal ujian, semuanya berbeda. Sedangkan berapa siswa yang sakit dan lain-lain, itu kami belum kroscek. Nanti masing-masing sub rayon akan melaporkan dan kami akan informasikan,” lanjutnya.

Pekey berharap, ujian nasional ini berjalan dengan baik dan bisa membawa nama kabupaten Yahukimo.

Sementara itu, ketua panitia UN SMA Negeri 1 Dekai, Anita Irawati Bundah menjelaskan, peserta ujian tahun ini berjumlah 164 siswa. Terdiri dari jurusan IPA 51 orang, dan IPS 113 orang.

“Semua siswa lengkap. Tidak ada yang sakit. Kami pakai enam ruang ujian, untuk IPA tiga ruang dan IPS 6 ruang.”

Ira menegaskan, kelulusannya tergantung hasil kerja peserta ujian. “Semoga anak-anak dapat mengikuti ujian dengan baik dan bisa lulus semuanya,” harap Ira.

Ia juga membenarkan, UN tahun ini tidak dilaksanakan dengan menggunakan sistem komputer. Untuk itu, ia berharap pemerintah seriusi persoalan internet agar tahun depan para siswa-siswi dari sekolah ini bisa mengikuti ujian menggunakan sistem komputer.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You

Tinggalkan Balasan