Fasilitas Minim, Pelayanan Puskesmas Iwaka Belum Maksimal

Wens Mitoro (Foto: Jefri)

SAPA (TIMIKA)- Kepala Distrik Iwaka, Wens Mitoro mengungkapkan hingga saat ini Puskesmas Iwaka yang dibangun Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika belum melayani masyarakat secara maksimal karena fasilitas masih terbatas.

“Pelayanan kesehatan berjalan kurang maksimal. Hal tersebut juga dikeluhkan masyarakat setempat. Petugas puskesmas juga sampaikan keluhan yang sama,” kata Wens saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) jalan Poros Kuala Kencana SP3, Senin (15/7).
  
“Di sana ada petugas, pelayanan tetap jalan, hanya saja fasilitas pelengkap untuk gedung tidak ada. Untuk status tanah tidak ada masalah. Jika pemerintah ingin ambil lahan tersebut tidak masalah, karena pada intinya masyarakat siap melepas,” tutur Wens.

Menurutnya, obat yang tersedia sedikit dan tidak ada mobil ambulance. Wens berharap pemerintah bisa menyediakan ambulance sehingga jika terjadi kondisi darurat yang tidak bisa ditangangi puskesmas, petugas bisa gunakan fasilitas itu untuk membawa pasien ke rumah sakit.

Dikatakan, fasilitas yang minim tersebut sudah beberapa kali diusulkan dalam Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) namun hingga saat ini belum diakomodir. (Jefri Manehat)

Tinggalkan Balasan