Mandacan tawarkan eks kebun Yongjing ke investor Hongkong

Gubernur Dominggus Mandacan saat pencanangan pengembangan perkebunan kakao di Distrik Manokwari Utara, beberapa waktu lalu – Jubi/Antara

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Sejumlah pengusaha Hongkong menemui Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk membahas peluang investasi. Mereka tertarik menjajaki investasi di kehutanan, perkebunan, pertambangan, dan manufaktur.

“Pertemuan dilaksanakan pada Sabtu (pekan) lalu. Semuaya ada sembilan investor, dan kami berbincang panjang lebar tentang peluang investasi di Papua Barat,” kata Gubernur Mandacan, Minggu (3/11/2019).

Pertemuan digelar untuk mendengar langsung keinginan para investor, sekaligus sebagai langkah awal dalam mewujudkan rencana bersama. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat siap mengakomodasi keinginan para investor.

‘’Kami berharap pertemuan ini ada kelanjutannya. Pemprov Papua Barat siap mendukung (rencana investasi itu),’’ ujar Mandacan.

Industri perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu potensi investasi yang ditawarkan kepada para pengusaha Hongkong tersebut. Saat ini ada beberapa perkebunan kelapa sawit menanti kehadiran investor.

“Investor baru dapat mengambil alih (kepemilikan perkebunan kelapa sawit) di dataran Prafi, Warmare, dan Masni dari PT Yongjing Investindo. Tentunya, setelah melewati proses (pengalihan kepemilikan secara sah),” jelas Mandacan.

Dia mengatakan Pemprov Papua Barat tidak akan mempersulit investor yang ingin berinvestasi di daerah mereka. Itu sejalan dengan program Presiden Joko Widodo, yakni menumbuhkan investasi dengan memberi kemudahan perizinan.

‘’Presiden sudah menekankan, perizinan itu tidak (jangan) dipersulit atau berbelit-belit. Kami juga akan proaktif memberikan dukungan (kemudahan kepada para investor),’’ kata Mandacan.

Menurut Mantan Bupati Manokwari tersebut, kehadiran investor sangat dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam Papua Barat. “Investasi (mereka) diharapkan meningkatkan pendapatan asli daerah dan menyerap tenaga kerja.’’ (*)

 

Editor: Aries Munandar

The post Mandacan tawarkan eks kebun Yongjing ke investor Hongkong appeared first on JUBI.

Tinggalkan Balasan