Banyak Problem Kesehatan di Pedalaman, Kadinkes: Saya Sudah Benahi Sedikit, Siapapun Kadinkes Nantinya Saya Mohon Tingkatkan Lagi

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Alfred Douw.  (Foto: SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Alfred Douw mengatakan tidak sedikit masalah kesehatan di Kabupaten Mimika, terutama kesehatan yang ada di pedalaman.

Kadis Douw yang ditemuu di Kantor Puspem Kabupaten Mimika, pada Jumat (8/11) itu menyebut problem yang menghambat kesehatan di pedalaman seperti, penerang, komunikasi, transportasi dan tempat tinggal petugas.

Douw menyebut permasalahan tersebut sedikit demi sedikit telah dibenahi dirinya, dan ia berharap siapapun kepala dinkes yang akan menggantikan dirinya, bisa lebih tingkatkan lagi pelayanan kesehatan.

Ia katakan komunikasi sangat dibutuhkan untuk mengetahui dan mengupdate kesehatan dan permasalahan  di pedalaman. Untuk mempermudah itu Dinkes Mimika gunakan radio Single Side Band (SSB) untuk bisa mengetahui informasi yang ada.

"Tahun ini kita pengadaan Radio SSB,  agar kita bisa berkomunikasi dengan petugas- kesehatan yang ada di pedalaman,  dan sebagian besar puskesmas yang ada di pedalaman sudah terpasang," ungkapnya.

"Tidak hanya soal itu masalah penerangan (listrik) juga sangat dibutuhkan. Waktu saya turun ke lapangan di Potoaiburu,  saya tidur di sana dan hanya diterangi dengan pelita. Pada saat bangun pagi hidung tersumbat dan saya melihat hal ini harus segera ditanggulangi.  Karenanya kita adakan genset dan diperuntukkan untuk semua puskesmas. Tahun ini kita harus pasang semua dan hampir semua kita sudah pasang genset ," ujar Douw.

Selain itu, tempat tinggal (rumah) petugas kesehatan sangat dibutuhkan. Untuk menjawab itu pada tahun ini Dinkes telah membangun rumah bagi petugas kesehatan. (Jefri Manehat)

Tinggalkan Balasan