Prajurit Kodam Cenderawasih Mendapat Pengarahan Optimalisasi Pembinaan Mental Fungsi Komando

Pengarahan dari Disbitalad kepada prajurit Kodam XVII/Cenderawasih. (Foto: Dok Pendam XVII/Cenderawasih)

SAPA (TIMIKA) - Setelah sebelumnya berkunjung ke berbagai Kodam di seluruh wilayah Indonesia, hari ini, Rabu (13/11), ratusan prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih mendapatkan pengarahan terkait optimalisasi pembinaan mental (Bintal) fungsi komando dari Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Disbintalad) di Aula Tony A. Rompis, Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Papua.

Pada kegiatan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam sambutan yang dibacakan Irdam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Joko Hadi Susilo menyampaikan, Kodam XVII/Cenderawasih merupakan Kodam yang berada di ujung timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan Papua New Guinea (PNG), sehingga diharapkan mampu merespon, mengakomodir sekaligus menetralisir terhadap anasir-anasir negatif guna menangkal segala bentuk ancaman, hambatan dan gangguan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri demi menjaga kedaulatan NKRI.

“Guna mendukung tugas pokok tersebut dalam implementasinya, selain sebagai fungsi komando, semua komandan satuan saat ini dituntut harus mampu sebagai bapak maupun rekan kerja bagi anggotanya," kata Irdam membacakan sambutan Pangdam.

Untuk itu, para komandan satuan harus mengenali dan memahami sifat, mental, karakter dan kondisi masing-masing anggota di satuannya, baik dari segi Intelegensia Quatine (IQ), Emotional Quatine (EQ), Spiritual Quatine (SQ) maupun kondisi sosial ekonomi personel dan keluarganya.

"Karena dengan terbentuknya komponen tersebut, maka, kita akan terdukung oleh unsur-unsur pelaksana yang tangguh dalam menghadapi segala bentuk dinamika yang ada di lapangan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Disbintalad (Kadisbintalad), Brigjen TNI Asep Syaripudin mengatakan, pejabat berwenang dan terkait di satuan sangat berperan dalam mengoptimalkan Bintal Fungsi Komando, sebab hal itu berkaitan dengan tujuan mewujudkan mental yang tangguh bagi prajurit dan PNS serta keluarganya.

“Mengingat masih banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dilingkungan prajurit, PNS dan keluarganya, maka pimpinan TNI-AD perlu untuk lebih meningkatkan kualitas mental prajurit," kata Kadisbintalad.

“Jadi, kegiatan seperti ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meminimalisasi bahkan mencegah terjadinya pelanggaran dilingkungan prajurit, PNS dan keluarganya. Serta untuk membentuk, memelihara dan meningkatkan rasa cinta tanah air, militan, rela berkorban dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam menjaga tegak dan utuhnya NKRI yang kita cintai bersama ini," pungkas Brigjen Asep Syaripudin.

Turut hadir dalam Kegiatan Optimalisasi Bintal Fungsi Komando para Staf ahli Pangdam XVII/Cenderawasih, para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, para Kabalakdam XVII/Cenderawasih serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih. (Saldi)

Tinggalkan Balasan